Ada Apa Dengan Budaya?

Apa itu “Budaya”?

Begitu banyak definisi  berterbangan di sekitar kita dan ditanamkan dalam otak kita sejak kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, hingga sekarang. Namun, pernahkah kita sadari bahwa adakalanya suatu definisi justru mencipta batasan, bukan kemampuan untuk berkreasi?

Bagi saya, budaya adalah sesuatu yang rumit. Ia tak mampu didefinisikan begitu saja. Ialah ibu dari segalanya, suatu pola pikir yang menaungi setiap aspek kehidupan.

Siapa yang menciptakan pola pikir tersebut? Tiada yang tahu.

Norma, bahasa, religi, politik, mata pencaharian, adat istiadat, dan sebagainya, hanyalah sekelumit kecil anak budaya yang kita kenal. Sisanya? Terlalu luas untuk dirangkum, terlalu abstrak untuk didefinisikan, terlalu nyata untuk diacuhkan, terlalu menyenangkan untuk dikotak-kotakkan. Yang jelas, budaya adalah sesuatu yang terlalu berharga untuk kita sia-siakan. Tanpa budaya, apalah arti kita sebagai manusia?

Di sini adalah tempat kita saling berbagi sesuatu yang luas itu, sesuatu yang abstrak itu, sesuatu yang nyata itu, sesuatu yang menyenangkan itu, dan sesuatu yang berharga itu. Jangan mau dikomando, jangan sudi dibatasi. Apapun yang tertuang di sini adalah bentuk penghargaan kita bagi alam semesta, bangsa, dan segala unsurnya, khususnya bagi diri kita sebagai pengemban amanat kehidupan.

-Fiona Ekaristi Putri

Ketua Mahitala UNPAR (mahasiswa tingkat akhir yang lagi sibuk mengawal teman2 Mahitala berangkat mengunjungi 7 puncak dunia!!!) ga punya twitter (hari genee!) ^^;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: