Danau Matano: A Magical Mother Nature

Omong-omong tentang budaya, rasanya kurang lengkap kalau kita kurang mengenal tempat-tempat asik di Negara kita yang seringkali jadi inspirasi bagi akar-akar budaya bangsa. Banyak tempat-tempat menakjubkan di Indonesia yang kurang terdengar gaungnya karena belum banyak promosi dilakukan.

Kali ini saya ingin mengajak kalian semua untuk berkunjung ke Sorowako. Beberapa mungkin sudah mendengar tentang tempat ini. Sorowako terletak di Sulawesi Selatan, dan merupakan kota yang hidup karena adanya aktivitas pertambangan nickel PTI (dahulu bernama PT. INCO, yang merupakan bagian dari perusahaan Vale Brazil).  Lebih daripada sebuah kota yang hidup karena adanya tambang, disini terdapat salah satu danau yang potensial untuk menjadi warisan dunia. Danau Matano namanya, yang adalah danau terdalam di Asia Tenggara dan no-8 terdalam di dunia. Danau ini juga merupakan salah satu danau terbersih di dunia.

Ketika saya pertama menapakkan kaki ditempat ini, tanpa mengetahui fakta-fakta diatas secara lengkap, saya sudah terpesona dengan pemandangan di sekitar danau Matano. Pegunungan yang tampak asri, dan kota kecil dengan fasilitas canggih, berpadu secara kontras satu dengan yang lain. Sungguh tidak seperti kota terpencil di pegunungan yang jauh dari peradaban.

Saya makin merasa takjub ketika menginjakkan kaki di Pantai Ide, salah satu tepi danau yang sering menjadi tempat berkumpul warga sekitar. Ketika pertama kali saya menginjakkan kaki di pantai ini, waktu sudah hampir menjelang malam, sekitar maghrib, namun dari dermaga, saya masih bisa melihat secara jelas dasar danau yang hampir sedalam 3 meter, lengkap dengan bebatuan yang menghiasi dasarnya. Waktu itu, teman saya, Mbak Mega namanya, bercerita bahwa jika saja kita bisa menyelam, kekayaan danau Matano dapat ditelusuri dan dinikmati lebih daripada yang saya lihat dari dermaga.

Terlalu sedikit kosakata yang dapat saya gunakan untuk menggambarkan keindahan danau Matano. Lebih baik memang harus datang dan menikmatinya sendiri. testimoni dari beberapa teman saya yang pernah ‘nyemplung’ ditengah danau dan merasakan indahnya gua bawah air disini sungguh menggugah rasa penasaran saya. Selain air yang super bening, dan ikan-ikan yang turut menemani kita bermain, danau ini juga sering menjadi tempat penelitian mengingat banyaknya spesies dan biota yang menarik untuk diteliti.

Danau dengan kedalaman hampir mencapai 700 meter dan luar mencapai 130 Kilometer persegi, memiliki fenomena aneh yang biasanya terjadi ditengah danau. Sekitar setiap awal tahun, biasanya dari tengah danau terbentuk tornado, yang bertahan beberapa waktu lamanya sebelum menghilang lagi (namun cerita tentang yang ini masih harus dapat konfirmasi lagi J )

Luasnya danau Matano diisi dengan beberapa pulau-pulau mungil ditengahnya. Disekitar pulau-pulau kecil tersebut banyak sekali terumbu karang dan taman-taman bawah air yang (katanya) mempesona. Seringkali orang tidak tahan untuk menceburkan diri kedalam danau, ataupun paling tidak sedikit bermain-main dengan airnya. Terlalu sayang untuk dilewatkan memang.

Belum lagi gua bawah air yang terdapat di salah satu sisi danau Matano ini. Mulut guanya memang kecil, tapi ketika sudah menapakkan kaki di dalamnya, besarnya gua kontras dengan jalan masuknya yang kecil. Di dalam gua tersebut ada lubang di bagian atasnya, yang memungkinkan orang dari luar melihat isi gua dari atas. Tak terbayangkan memang kalau tidak kita sendiri yang datang.

Saya sendiri baru mengetahui keberadaan danau ini setahun yang lalu, dan cukup terpana dengan kekayaan eksotis yang jauh melebihi pemikiran saya yang sudah terkontaminasi ‘hawa-hawa’ globalisasi. Danau Matano hanyalah sedikit dari banyaknya keajaiban alam di Indonesia yang jarang kita dengar selama ini. Ironisnya, beberapa diantaranya bahkan lebih terkenal di luar negeri.

Maka dari itu, ayo kita kenal negeri kita sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Amelia Rhea

Lulusan HI UNPAR. Suka Nulis. Seorang intern di PT. INCO lagi diterbangkan ke Sulawesi.

Leave a Reply

