Oh Film

Judul: Oh Film

Penulis: Misbach Yusa Biran

Buku ini berisi beberapa kumpulan cerita pendek yang semuanya berhubungan dengan film, khususnya film Indonesia di era tahun 50-an. Buku yang tetap menarik untuk dibaca saat sekarang ini walaupun sudah lewat lima puluh tahun lebih dari masanya.

Bagi saya buku ini bukan hanya sekedar buku kumpulan cerita pendek belaka. Buku ini menggambarkan masyarakat Indonesia pada saat itu menghadapi kesenian, era film, produksi film, dan bagaimanan kehidupan Jakarta pada masa itu. Cara penuturan penulis yang menggabungkan banyak gaya bahasa membuat cerita ini makin manis dan banyak guyonan khas yang lucu, tapi miris juga. Tokoh-tokohnya pun tidak jauh-jauh adalah masyarakat seni yang hidup melarat di pinggiran senen sambil menikmati kopi dan kue putu. Suatu perpaduan aktivitas yang sudah tidak biasa untuk saat ini.

Penggambaran tentang bagaimana para penggarap film dalam membuahkan sebuah karya yang bermutu tapi miskin atau racun tapi kaya. Di mana pada masa itu, banyak sekali produser film yanga adalah orang bisnis dan menjunjung tinggi pendapatan ketimbang seni dan intelektualitas.

Menurut saya, buku ini sama sekali tidak ketinggalan zaman, bahkan patut dibaca bagi para masyarakat film Indonesia agar terbukakan, bahwa sampai saat ini pun perfilman Indonesia belum berubah sama sekali. Kehidupan, cerita, latar belakang perfilman Indonesia tidak terlalu berkembang malah justru bisa dibilang jalan di tempat. Buku yang singkat, padat, menarik, berbobot. dan merupakan catatan sosial masyarakat film Jakarta. Good!

Kontributor ProAngsa: Martya Litna Gemellita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: