Petualangan Toraja III

Kain Ikat & Pasar Rantepao

Namun Toraja bukanlah kota dimana wisatawan tidak bisa menemukan hal lainnya kecuali kuburan. Bagi teman-teman yang suka kain tradisional (kain ikat Toraja), dapat mengunjungi daerah Sa’dan untuk melihat langsung (dan juga membeli) proses pembuatan kain Ikat Toraja.

Kain tradisional ini ada yang dibuat tradisional tanpa mesin, dan yang modern dengan menggunakan mesin. Harga tentu saja beda. Semakin sedikit penggunaan mesin dalam pembuatan kain Ikat, semakin mahal pula biasa harganya. Bangganya, kain-kain Sa’dan ini banyak yang diekspor keluar negeri karena banyaknya peminat asing terhadap kecantikan kain Ikat ini.

Selain Sa’dan, Pasar Rantepao merupakan pilihan lainnya untuk berbelanja dan membeli banyak kerajinan asli Tana Toraja. Mulai dari pahatan tradisional, kue-kue, sampai dengan kaos-kaos souvenir Toraja, semua dapat ditemukan ditempat ini. Harga bisa ditawar, dan pada umumnya setiap penjual ramah-ramah.

Masih banyak hal yang dapat diceritakan mengenai keindahan dan kearifan budaya Toraja, serta beberapa tempat menarik untuk dikunjungi, termasuk kegiatan arung jeram yang tidak kalah seru di sungai Sa’dan. Namun hal itu akan saya bahas di kesempatan lain dan tulisan terpisah.

Amelia Rhea (Kontributor ProAngsa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: